content-marketing-statistics-featured
Dendy Herdianto

Dendy Herdianto

Business Developer, Content Writer, Islamic Economic Enthusiasm

Apa itu Content Marketing dan Mengapa Penting Mempelajarinya?

Dunia bisnis tidak terlepas dari sistem pemasaran. Tanpa adanya pemasaran atau biasa disebut “marketing“, sebuah produk tidak dapat terjual dengan baik. Lalu, apa yang dimaksud dengan pemasaran?

Banyak pakar menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah cara untuk menyampaikan value dari produk/jasa yang ingin dijual kepada calon pembeli. Mengapa Value? Karena banyak produk yang sebenarnya jenisnya sama tetapi yang membuat ia terjual adalah value yang ia miliki. Value tersebut bisa dilihat dari fitur, manfaat, bahkan pelayanan dari produk tersebut. Biasanya salah satu cara para marketer untuk menjualkan produknya adalah dengan mengiklankan produk yang dijual. Padahal saat ini cara iklan seperti biasa sudah tidak cocok untuk digunakan. Mengapa demikian? Karena saat ini sudah masuk pada eranya content marketing. 

Apa Itu Content Marketing?

Content Marketing  adalah strategi baru dalam dunia marketing. Ia memiliki makna yaitu memberikan konten yang membantu/memberikan suara terhadap brand yang akan dijual. Hal ini berbeda dengan sistem iklan/advertising. Pada sistem iklan, pola pikir yang digunakan adalah “apa yang ingin kita sampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya?” sedangkan dalam content marketing pola pikir yang digunakan adalah “apa yang ingin orang lain dengar”. Hal ini lebih make sense untuk meningkatkan penjualan. Mengapa demikian?

Coba sekarang anda pilih diantara dua tulisan berikut:

  1. Tulisan yang secara terang-terangan menjelaskan tentang produk software komputer untuk akuntansi mulai dari nama produk, spesifikasi, keunggulan dari produk lain, dan harga.
  2. Tulisan yang menjelaskan tentang ” 3 cara mudah melakukan pembukuan bagi kamu yang masih pemula” dari tulisan tersebut kamu lampirkan rekomendasi software yang bisa membantu pembukuan yang mana software tersebut adalah produk yang kamu jual.

 

Ayo, kira-kira anda pilih yang mana? Saya yakin anda sepakat untuk memilih tulisan kedua. Kok bisa? Karena tulisan kedua lebih memberikan kesan tentang informasi yang memang dibutuhkan oleh audience khususnya mereka yang sedang kesulitan untuk melakukan pembukuan. Nah tulisan kedua itulah yang disebut sebagai content marketing sedangkan tulisan pertama adalah contoh mengiklankan produk dengan cara konvensional.

Mengapa Content Marketing Penting?

Setidaknya ada 3 alasan mengapa mempelajari content marketing menjadi penting untuk anda terutama yang sedang menjalankan bisnis. Apa saja 3 alasan itu?

  • Cost Effective

Yap, anda pasti tahu kan kalau iklan di TV tidaklah murah. Bahkan untuk memunculkan iklan dalam hitungan detik pada sebuah stasiun TV memerlukan biaya hingga ratusan juta. Nah, dengan adanya content marketing. Anda jadi bisa menghemat biaya tersebut, karena anda hanya butuh kreativitas untuk membuat content dan menentukan media mana yang akan digunakan seperti FB, IG, atau Blog.

  • Brand Voice 

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, adanya content marketing akan membantu meningkatkan awareness terhadap brand yang sedang anda jual. Anda harus membuat story dari brand yang sedang anda jual. Dengan adanya story, pembaca akan menikmati apa yang anda sampaikan dan akan merasa bahwa brand yang anda sedang jual dalam story tersebut memang mempunyai kualitas yang bagus.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Pernah mendengar istilah ini? Ini adalah teknik yang digunakan untuk membuat blog/website anda berada pada page one google. Keunggulan sebuah blog/website berada pada page one google akan mempermudah seseorang untuk langsung menuju informasi yang sedang dicari dan tertuju langsung pada website/blog anda. Dengan begitu, produk yang sebenarnya sedang anda jual pada content yang sudah anda buat akan lebih berpotensi terjual karena SEO yang kuat akan mendatangkan banyak traffic. Tingginya traffic akan mempermudah terkonversinya penjualan. Itulah mengapa dalam membuat content marketing, penting pula untuk merist kata kunci sebagai inti dari kekuatan SEO. Anda juga harus bisa belajar ngeblog agar content marketing yang anda buat dapat tersaji dengan baik.

Nah itulah penjelasan tentang content marketing dan alasan mengapa content marketing penting untuk anda pelajari.

Apabila tulisan ini dirasa bermanfaat, silahkan untuk bagikan seluas-luasnya agar bisa memberikan pembelajaran bagi yang lain.

SHARE THIS POST

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn