thought-2123970_640
Dendy Herdianto

Dendy Herdianto

Business Developer, Content Writer, Islamic Economic Enthusiasm

7 Cara Mencari Ide untuk Konten

Kebutuhan untuk mencari ide konten menjadi hal yang sangat penting bagi para content writer. Menulis memang mudah, yang sulit adalah mau nulis apa? Seorang penulis sering stuck ketika memikirkan topik ingin menulis apa. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 7 cara agar kamu bisa menemukan ide konten untuk blog, youtube, atau sosial media lainnya yang kamu punya. Apa saja 7 cara tersebut?

Google

Ini adalah hal yang paling sederhana. Kamu tinggal searching saja sesuai kata kunci yang ingin kamu cari. Pastikan yang kamu cari adalah topik yang kamu suka. Kalau kamu suka internet marketing maka ketikan “internet marketing” di google. Kamu bisa menambahkan tools keywords everywhere. Tools tersebut merupakan chrome extension yang berfungsi untuk menampilkan frekuensi penampilan kata yang sedang kamu cari.

580b57fcd9996e24bc43c545

YouTube

Kamu bisa memulai dengan melihat pada bagian trending. Bagian tersebut akan menampilkan video-video yang memang sedang naik daun. Kamu bisa mengambil ide dari video-video yang sedang trending tersebut. Atau kamu juga bisa memasukan kata kunci di kolom search. Setelah itu, kamu bisa filter video berdasarkan view count terbanyak.  Tonton saja beberapa video yang memiliki viewers terbanyak dan elaborasi sehingga bisa membentuk 1 konten.

sm_5b321ca7cfbef

Facebook

Cara ini bisa kamu tempuh dengan melihat konten-konten yang terdapat di fanspage atau group. Kamu bisa melihat engagement konten tersebut berapa banyak. Mulai dari like,comment dan sharenya. Konten yang memiliki engagement terbanyak bisa kamu jadikan referensi untuk konten kamu selanjutnya.

Answer The Public

Ini adalah website yang akan memberikan saran konten yang bisa kamu buat. Saran tersebut dapat berupa pertanyaan. Seperti kalau kamu nulis topik “internet marketing” maka yang akan muncul pertanyaan tentang “bagaimana cara menjadi internet marketing”, “mengapa perlu belajar internet marketing” atau berupa pernyataan seperti “internet marketing course”, “internet marketing vs digital marketing” dan sebagainya.

Amazon.com

Ini dianjurkan untuk kamu supaya memperkaya ilmumu. Amazon.com adalah website yang menyediakan buku baik berupa cetak maupun online. selain itu, kamu juga bisa mencoba mencari di dummies.com. Apabila topik yang kamu cari ada dummies-nya berarti kamu bisa membedah banyak konten dari situ karena research-nya sudah ada.

58d7f04b5f58be1227aec8e7

Buzzsumo

Website ini memberikan rekomendasi konten sesuai dengan engagement tertinggi. Kamu bisa menggunakan website ini secara gratis tetapi terbatas konten yang ditampilkan. Biasanya hanya 5 di awal dan hanya pada periode 1 tahun yang lalu. Kalau kamu ingin ditampilkan lebih banyak konten dan dalam periode yang lebih lama maka kamu harus membayar atau upgrade ke premium.

58b87d711b65fe46c38abc1f

Ahrefs

Tidak berbeda jauh dengan buzzsumo, tapi di website ini kamu dapat menganalisis webiste kompetitormu. Kamu bisa melihat halaman mana dari website kompetitormu yang paling banyak dikunjungi. Dari situlah kamu bisa dijadikan acuan untuk membuat konten

 

Itulah 7 cara untuk melakukan research content. Silahkan share apabila tulisan ini bermanfaaat.

SHARE THIS POST

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn